ULASAN TENTANG FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI MASA

Fungsi Informasi

Fungsi informasi merupakan fungsi paling penting yang terdapat dalam komunikasi massa. Komponen paling penting untuk mengetahui fungsi informasi ini adalah berita-berita yang disajikan. Fakta-fakta yang dicari wartawan di lapangan kemudian dituangkannya dalam tulisan juga merupakan informasi. Fakta yang dimaksud adalah adanya kejadian yang benar-benar terjadi di masyarakat.

Banyak sekali komunikasi massa yang berfungsi sebagai informasi yakni buku, film-film dan adanya bentuk informasi yang disampaikan secara lisan yaitu berita faktual yang mengekspos tentang kejadian-kejadian yang sedang terjadi pada saat ini.

Fungsi Hiburan

Komunikasi massa berfungsi sebagai hiburan artinya bahwa komunikasi masa juga memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa hiburan melalui tontonan yang disajikan dalam televisi seperti sinetron, acara komedi, acara kuis dan masih banyak lagi dengan adanya acara-acara maka secara langsung masyarakat bisa terhibur dengan melihat acara yang disajikan.

Pentingnya aspek hiburan dalam komunikasi dikarenakan permintaan dari masyarakat yang memang ingin mencari hal-hal yang bisa membuat mereka lupa dengan pekerjaan mereka. Fungsi ini juga dijadikan masyarakat sebagai alat untu pelepasan lelah mereka.

Fungsi persuasif

Fungsi persuasif ini juga tidak kalah penting dengan fungsi hiburan dan informasi. Didalam fungsi persuasif terdapat beberapa informasi yang secara ilmiah seperti, Tulisan pada tajuk rencana, artikel, dan surat pembaca. Fungsi persuasif ini berupa iklan-iklan yang ada dimedia massa cetak maupun elektronik seperti, iklan sampo, iklan politik dan masih banyak lagi.

Menurut Josep A Devito (dalam  Nurudin 2013:72) fungsi persuasi dianggap sebagai fungsi yang paling dari komunikasi massa. Persuasi bisa datang dari berbagai macam bentuk:


  • Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang.
  • Mengubah siskap, kepercayaan, atau nilai seseorang.
  • Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu.
  • Memperkenalkan etika, atau menawarkan sistem nilai tertentu.


Fungsi transmisi budaya

Transmisi budaya tidak dapat dielakkan selalu hadir dalam berbagai bentuk komunikasi yang mempunyai dampak pada penerimaan individu. Transmisi budaya mengambil tempat dalam dua tingakatan., kontemporer dan historis. Dua tingakatan tersebut tidak bisa dipisahkan, tetapi terjalin secara konstan. Apalagi, media massa merupakan alat utama di dalam transmisi budaya pada kedua tingkatan tersebut. di dalam tingkatan kontemporer, media massa memperkuat konsensus nilai masyarakat, dengan selalu memperkenalkan bibit perubahan secara terus menerus.

Fungsi mendorong kohesi sosial

kohesi di sini adalah penyatuan. Artinya, media massa mendorong masyarakat untuk bersatu. Dengan kata lain, media massa merangsang masyarakat untuk memikirkan dirinya bahwa bercerai-berai bukan keadaan yang baik bagi kehidupan mereka. Media massa yang memberitakan arti pentingnya kerukunan umat beragama, sama saja media massa itu mendrong kohesi sosial. media massa secara tidak langsung berperan dalam mewujudkan kohesi sosial. Dalam bahasa yang populer kohesi sosial sama artinya dengan integrasi.

Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan artinya menunjuk pada pengumpulan dan penyebaran informasi mengenai kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita. Fungsi pengawasan dapat dilihat dari pemberitaan tentang munculnya badai, topan, gelombang laut yang mengganas, angin ribut disertai hujan lebat dan juga fungsi pengawasan bisa  menyangkut tentang peringatan kondisi ekonomi yang tidak menentu. Fungsi pengwasan dibagi atas dua yaitu pengawan peringatan dan pengawasan instrumental yang berupa peringatan tentang kenaikan harga barang pokok.

Fungsi Korelasi

Fungsi kolerasi yaitu fungsi yang menghubungkan bagian-bagian dari masyarakat agar sesuai dengan lingkungannya. fungsi ini sangat berkaitan dengan peran media massa sebagai penghubung antara berbagai komponen masyarakat. Contoh dari korelasi yaitu tentang bagaimana hubungan reporter dengan narasumber dan juga bagaiaman hubungan antara masyarakat dengan hal-hal yang ada dilingkungannya.

Fungsi Pewaris Sosial

Fungsi pewarisan sosial memiliki kesamaan dengan transmisi budaya karena meliputi  adanya tiga hal yakni ide atau gagasan, aktivitas, dan benda-benda hasil kegiatan. Ide yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya termasuk budaya. Dengan kata lain ide sebagai sebuah warisan merupakan unsur dalam budaya.

Didalam fungsi pewarisan sosial ini media berperan untuk selalu memperkenalkan ide-ide perubahan yang telah dilakukan masyarakat secara terus-menerus.

Melawan kekuasaan dan kekuasaan represif

Media massa bisa melawan kekuasaan dan kekuatan represif artinya dalam hal ini media massa berperan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat luas tentang perbuatan/kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah. Media masa secara terang-terangan mengungkapkan setiap kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat bisa mengetahuinya.

Menggugat hubungan trikotomi

Menggugat hubungan trikotomi artinya media masa berperan sebagai penggugat antara tiga pihak yakni masyarakat,pers, dan pemerintah. Dalam hal ini media masa tidak berpihak pada posisi manapun baik itu pada masyarakat, pers, dan pemerintah.

Silahkan berkomentar sesuai topik di atas. Berkomentarlah yang sopan,tidak melakukan promosi, juga tidak menyisipkan link.
EmoticonEmoticon