Pengertian komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah

Curtis, James, dan Winsor (2004:30 ) menyatakan komunikasi satu arah di sebut juga komunikasi intrapesona (intrapersonal) yaitu komunikasi yang mengacu pada pesan-pesan yang di kirimkan oleh orang-orang secara intern (pemikiran) yang sering kali berhubungan dengan diri sendiri (evalusi diri).

Effendy (2003 : 57) menyatakan komunikasi intra pribadi (intra personal communication) adalah komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang. Orang itu berperan baik sebagai komunikator maupun sebagai komunikan. Dia berdialog dengan dirinya sendiri dan juga bertanya kepada dirinya sendiri kemudian menjawabnya sendiri.

Berdasarkan penjelasan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa komunikasi intra pribadi bisa disebut juga sebagai komunikasi satu arah karena komunikasi intra pribadi ini hanya komunikasi yang terjadi antar pribadi/individu itu sendiri.

Menurut KBBI komunikasi dua arah yaitu komunikan dan komunikatornya saling bergantian memberikan informasi.

Devito ( dalam Effendy 2003:59) menyatakan komunikasi antarpribadi (interpersonal comunication) yaitu proses pengiriman dan penelitian pesan-pesan antar 2 orang diantara sekelompok kecil orang-orang dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika.

Berdasarkan defenisi tersebut komunikasi antar pribadi dapat berlangsung antara dua orang yang memang sedang berduaan seperti suami istri yang sedang bercakap-cakap atau antara dua orang dalam suatu pertemuan. Misalnya, antar pengaji makalah dengan salah seorang peserta seminar. Jadi, dapat dikatakan bahwa komunikasi antar pribadi ini sama halnya dengan komunikasi dua arah.

Menurut Effendy ( 2003:75 ) menyatakan komunikasi kelompok ( group comunication ) adalah komunikasi yang berlangsung antara seorang komunikator dengan sekelompok orangyang jumlahnya lebih dari dua orang.

Bither (dalam Rachmat Jalaludin, 2008:188) menyatakan komunikasi massa sebagai jenis komunikasi yang di tujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, keterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Berdasarkan penjelasan pakar di atas saya dapat menyimpulkan bahwa komunikasi kelompok  dan komunikasi massa sama halnya dengan komunikasi multi arah. Contoh dari komunikasi kelompok yaitu  sejumlah kecil orang-orang yang sedang mendengarkan pidato tukang obat di pasar.

Silahkan berkomentar sesuai topik di atas. Berkomentarlah yang sopan,tidak melakukan promosi, juga tidak menyisipkan link.
EmoticonEmoticon