Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Bahasa kerap kali digunakan dalam berbagai konteks dengan bermacam makna. Kita sering mendengar ungkapan bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa cinta, bahasa prokem, bahasa bunga, bahasa lisan, bahasa militer, serta berbagai ungkapan lain yang disandingkan dengan kata bahasa. Mari kita cermati beberapa pengertian bahasa yang telah dirumuskan beberapa ahli berikut ini.

1. Bahasa adalah sebuah symbol bunyi yang arbiter yang digunakan untuk komunikasi manusia (Wardhaugh, 1972).

2. Bahasa adalah sebuah alat untuk mengomunikasikan gagasan atau perasaan secara sistematis melalui penggunaan tanda, suara, gerak atau tanda-tanda yang disepakati, yang makna yang dipahami (Webster’s New Collegiate Dictionary, 1981).

3. Bahasa adalah system lambang bunyi yang arbiter, yang dipergunakan oleh para anggota sosial untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri (Kentjono, Ed, 1984: 2).

4. Bahasa adalah salah satu dari sejumlah system makna yang secara bersama-sama membentuk budaya manusia (Halliday dan Hasan, 1991).

Silahkan berkomentar sesuai topik di atas. Berkomentarlah yang sopan,tidak melakukan promosi, juga tidak menyisipkan link.
EmoticonEmoticon