Perlukah komunikasi bagi masyarakat?

Menurut William Albig komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan. Berdasarkan pernyataan William Albig tersebut dapat dipahami bahwa masyarakat pada dasarnya adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain, masyarakat tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain untuk itu di dalam memerlukan bantuan orang lain masyarakat sangat membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi satu sama lain dilingkungannya.

Komunikasi saat ini sudah menjadi hal yang wajib untuk dipelajari oleh masyarakat umum, karena tanpa komunikasi masyarakat akan sangat sulit untuk menerima perkembangan teknologi saat ini yang kian pesat.

Perkembangan teknologi saat ini sudah menjadi satu kenyataan yang tidak terbantahkan lagi dan sangat berpengaruh terhadap penggunaan komunikasi di dalam masyarakat modern sekarang ini adalah keberadaan media massa cetak maupun elektronik. Bahkan jika kita mengamati dengan baik kita pasti akan menemukan bahwa ketergantungan masyarakat terhadap media massa sudah sangat besar. Nurudin (2013:33) di dalam bukunya  menjelaskan bahwa media massa sudah sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat modern saat ini.

Hal itu dibuktikan dengan banyakanya masyarakat yang sering kali menggunakan media massa sebagai alat untuk membentuk apa dan bagaimana corak pakaian yang harus dipakai masyarakat dan juga bagaimana cara untuk berbelanja yang baik semua itu ditentukan oleh media massa. Untuk itu kita sebagai masyarakat yang sekarang ini bisa dikatakan sebagai masyarakat yang modern perlu untuk mempelajari komunikasi agar kita bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Silahkan berkomentar sesuai topik di atas. Berkomentarlah yang sopan,tidak melakukan promosi, juga tidak menyisipkan link.
EmoticonEmoticon