Pengertian Semiotika dan Jenis-jenisnya Menurut Para Ahli

Pengertian Semiotika 

Kata “semiotika” berasal dari bahasa Yunani, semeion yang berarti “tanda” (Sudjiman dan Van Zoest, 1996 : vii, dalam Sobur, 2006:16) atau seme, yang berarti “penafsir tanda” (Cobley dan Jansz, 1999 : 4, dalam Sobur, 2006:16). Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Tanda-tanda adalah basis dari seluruh komunikasi (Littlejohn, 1996:64, dalam Sobur, 2006:16). Charles Sanders Peirce (Littlejohn, 1996:4, dalam Sobur, 2006:16) mendefinisikan semiosis sebagai “a relationship among a sign, an object, and meaning” (sesuatu hubungan diantara tanda, objek, dan makna).
Memahami pengertian semiotika di atas, bahwa semiotika adalah suatu disiplin ilmu dan metode analisis untuk mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.

Jenis-Jenis Semiotika 

Kajian semiotika sampai sekarang telah membedakan dua jenis semiotika, (Eco, 1979: Hoed, 2001:140, dalam Sobur, 2006:15) :

1. Semiotika komunikasi
Semiotika komunikasi menekankan pada teori tentang produksi tanda yang salah satu diantara nya mengasumsikan adanya enam faktor dalam komunikasi yaitu pengirim, penerima kode (sistem tanda), pesan, saluran komunikasi, dan acuan (hal yang dibicarakan), (Jakobson, 1963, dalam Hoed 2001:140, dalam Sobur, 2006:15).

2. Semiotika signifikasi
Semiotika signifikasi menekankan pada teori tanda dan pemahamannya dalam suatu konteks tertentu. Pada jenis yang kedua ini tidak dipersoalkan adanya tujuan berkomunikasi, sebaliknya yang diutamakan adalah segi pemahaman suatu tanda sehingga proses kognisinya pada penerima tanda lebih diperhatikan daripada proses komunikasinya.

Memahami uraian di atas, dalam penelitian ini akan digunakan metode semiotika komunikasi yang merujuk pada teori Charles Sanders Peirce, karena dengan menggunakan teori semiotika komunikasi maka makna komunikasi yang terkandung dalam suatu objek penelitian dapat diketahui.

Silahkan berkomentar sesuai topik di atas. Berkomentarlah yang sopan,tidak melakukan promosi, juga tidak menyisipkan link.
EmoticonEmoticon